You are here: Home > Uncategorized > Kotabaru #1: Kampung Nelayan Rampa Lama

Kotabaru #1: Kampung Nelayan Rampa Lama



“Hei bang, coba kemari….kami baru saja dapat ikan besar”, sambil mengajakku menuju sebuah perahu. Benar saja, dalam perahu itu terdapat ikan hiu pari yang besarnya mungkin lebih dari 2 meter. 

Kampung Rampa Lama mungkin memang tidak pernah menjadi target tujuan melancong bagiku setelah acap kali berkunjung ke Kotabaru, Kalimantan Selatan. Hanya karena lokasinya yang berdekatan dengan hotel serta keleluasaan waktu diantara tugas, akhirnya kampung nelayan ini di sempat-sempatkan untuk dikunjungi. Surprise..ternyata disini terdapat banyak hal menarik dari sisi fotografi, terutama bagi penggila Human Interest. Akhirnya,  dalam kunjungan kali ini aku bahkan dua kali mengunjungi kampung Rampa untuk berburu foto.

Pertama menginjakan kaki kampung ini, aroma sebuah kampung nelayan langsung terasa. Bau asin air laut bercampur bau ikan asin segera merebak di hidung. Hal lain yang juga cukup mencolok adalah kepadatan serta kekumuhannya. Meski pemerintah setempat tampaknya mulai berusaha melakukan penataan wilayah dengan membangun titian-titian beton menggantikan titian lama yang terbuat dari kayu ulin, kekumuhan tersebut masih terasa kental. Menurut informasi, lokasi ini sudah beberapa kali dilanda kebakaran, karena memang rumah-rumahnya saling berdempetan dan kebanyakan terbuat dari kayu

Lalu apa yang menarik? Yang jelas suasana kampung nelayan itu sendiri. Bila melakukan kunjungan sore hari, akan terlihat ratusan perahu nelayan yang bertambat diantara rumah-rumah padat tersebut. Kegiatan ibu-ibu yang membuat ikan asin, anak-anak kecil yang bermain tali dan sebagian diantaranya berenang dengan lihainya di sela-sela perahu, sungguh merupakan pemandangan yang menggugah. Nuansa kehidupan sosial yang mengalir sungguh terasa. Mereka juga ramah, terlihat saat menerima pendatang sepertiku yang menenteng kamera kesana kemari, cukup aktraktif juga saat difoto.

Bagi teman-teman pehobi foto yang kebetulan berada di Kotabaru, direkomendasikan  mengunjungi kampung ini. Cukup banyak obyek menarik yang bisa diangkat melalui foto. Lokasi yang terletak di tengah kota juga memudahkannya untuk dijangkau. Sebagai informasi tambahan, waktu terbaik mengunjunginya adalah sore hari hingga magrib, denyut kehidupan kampung akan lebih terasa. Akhirnya.. Go Happy Hunting.***



The BEST holidays

Tags: ,

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply